DIREKTORAT JENDERAL PENGENDALIAN PERUBAHAN IKLIM

KAMPANYE KARHUTLA DI PULAU LOMBOK, LIBATKAN GENERASI MUDA PEDULI PERUBAHAN IKLIM!

LOMBOK (JBN)– Perubahan Iklim dan Karhutla telah menjadi isu global yang mengancam ekosistem kehidupan, dampaknya pun semakin terasa dari tahun ke tahun dan menjadi hal yang harus segera kita tanggulangi bersama dengan komitmen dan aksi nyata dari seluruh lapisan masyarakat. Pelibatan generasi muda menjadi hal yang sangat penting dan tepat sasaran sebagai tumpuan penerus kehidupan khususnya dalam menyongsong Indonesia Emas 2045 dan menyukseskan misi Indonesia menuju Net Zero Emission. Balai PPI Jawa Bali Nusa Tenggara (JabalNusra) melalui kegiatan Kampanye Pencegahan Keakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) – Kunjungan ke Sekolah turut melibatkan generasi muda dari berbagai tingkatan pendidikan, yakni tingkat SD hingga SMA dalam pengendalian perubahan iklim.

Kegiatan ini menyasar sekolah-sekolah yang berdekatan dengan wilayah rawan karhutla dan kawasan yang membutuhkan perhatian khusus, seperti Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika Kuta, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Tepatnya, pada bulan Juli hingga awal pekan Agustus lalu, Seksi Wilayah III/Mataram BPPI JabalNusra melaksanakan kunjungan ke sekolah dalam rangka kampanye pencegahan karhutla di 1) SDN 1 Sembalun Bumbung, Kab. Lombok Timur; 2) SMPN 2 Sembalun Bumbung, Kab. Lombok Timur; 3) SMAN 01 Pujut, Kab. Lombok Tengah, dan 4) SMAN 02 Pujut, Kab. Lombok Tengah.

Pada Kampanye Pencegahan Karhutla melalui kunjungan sekolah ini, Balai PPI JabalNusra menyampaikan gambaran umum perubahan iklim dan dampaknya bagi kehidupan, serta secara khusus mengedukasi generasi muda untuk melakukan aksi-aksi aplikatif pengendalian perubahan iklim, seperti penanaman pohon, pengelolaan limbah dan sampah melalui kegiatan 4R (recycle, reuse, reduce dan replace) serta kegiatan lainnya. 

Dalam Kampanye ini, anak-anak sekolah juga mengenal lebih dekat sosok ‘Manggala Agni’ sang brigade pengendalian karhutla binaan KLHK. Figur heroik yang melekat pada ‘Manggala Agni’ memberikan gambaran yang lebih nyata tentang karhutla, dampak karhutla, hingga langkah-langkan pencegahan karhutla. Kegiatan ini dikemas secara menarik namun sarat dengan pengetahuan & informasi penting melalui penayangan video, paparan interaktif, hingga permainan seru & edukatif, seperti bermain puzzle peralatan dalkarhutla, bermain TTS Perubahan Iklim, membuat mading Karhutla, Pos Pengetahuan Perubahan Iklim, Kahoot Games, hingga membidik sasaran dengan Jet Shooter.

Semangat Kakak...dalam menjaga bumi kita.... ” “Semoga kegiatan ini bisa diselenggarakan lagi ditahun berikutnya dengan lebih baik...”  “Kami sangat senang, kami menjadi tau hal-hal yang belum kami ketahui sebelumnya untuk menjaga bumi kita. Terimakasih kak...” Sautan kesan adik-adik peserta Kampanye Pencegahan karhutla..

Pihak sekolah turut bangga dan senang atas terpilihnya sekolah mereka menjadi sasaran kegiatan Kampanye Pencegahan Karhutla Balai PPI JabalNusra tahun ini. “Semoga melalui kegiatan ini, kita semakin tahu dan semangat berkomitmen untuk menjaga ekosistem kita agar terhindar dari Kebakaran Hutan dan Lahan dan menjaga kelestarian lingkungan hidup kita. Salam Lestari bagi kita semua”  pungkas Kepala Sekolah menutup kegiatan. .

-oOo-

Tim Humas Sekwil 3 : Arie Maya W, Falentinus Irvan Djoda

Editor: JDC, Pranata Humas, Setditjen PPI

Telepon: +62 (21) 5730144

Faksimili: + 62 (21) 5720194

Email: setditjenppi@gmail.com atau setditjenppi@menlhk.go.id 

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Manggala Wanabakti Blok VII, 12th floor

Jl. Gatot Subroto, Senayan

Jakarta - Indonesia 

InstagramTwitterFacebookYouTube

MEDIA SOSIAL DITJEN PPI