DIREKTORAT JENDERAL PENGENDALIAN PERUBAHAN IKLIM

Meningkatkan Kesadaran Karhutla di Lembaga Pendidikan, Balai PPI Wilayah Jawa Bali Nusa Tenggara Giat Kampanye Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan di SMAN 1 Kabandungan

Fenomena kebakaran hutan dan lahan selalu menjadi perhatian penting menjelang musim kemarau. Kebakaran hutan dan lahan berdampak terhadap penurunan fungsi hutan sebagai pelindung keanekaragaman hayati dan ekosistemnya, produktifitas tanah, tata air dan nilai ekonomi hutan; aspek sosial-ekonomi masyarakat, seperti terganggunya kesehatan masyarakat (khususnya gangguan pernapasan) dan transportasi darat, air maupun udara. Berbagai Upaya pengendalian karhutla sendiri telah dilakukan selama bertahun-tahun untuk meminimalisir terjadinya kebakaran hutan dan lahan. 

Pada tahun 2024 ini, mendukung upaya pencegahan karhutla tersebut, pada tanggal 20 September 2024 Balai PPI Wilayah Jawa Bali Nusa Tenggara melaksanakan kegiatan Kampanye Kampanye Pencegahan Karhutla Melalui Kunjungan Ke Sekolah di SMA Negeri 1 Kabandungan melibatkan stakeholder pemangku kawasan yakni Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Upaya ini dilakukan dengan menyasar siswa di pada tingkat Sekolah Menengah Atas dengan pertimbangan penanaman nilai-nilai lingkungan hidup di usia pelajar akan lebih efektif. Kegiatan ini menyasar pada lokasi yang berbatasan langsung dengan sekitar kawasan hutan. Pelibatan siswa usia pelajar menjadi hal yang sangat penting dan tepat sasaran sebagai tumpuan penerus kehidupan. 

Dalam kampanye ini, Balai PPI Wilayah JabalNusa menyampaikan gambaran umum perubahan iklim dan karhutla serta dampak yang terjadi bagi kehidupan sehari – hari. Hal ini secara khusus memberikan pemahaman bagi generasi muda untuk sadar dan mau berkontribusi dalam aksi – aksi aplikatif pengendalian perubahan iklim baik adaptasi dan mitigasi perubahan iklim. Aksi aplikatif yang dapat dilakukan oleh generasi muda sebagai contoh dengan melakukan penanaman pohon, pengelolaan limbah dan sampah melalui kegiatan 4R (Recycle, Reuse, Reduce, dan Replace), himbauan pencegahan kebakaran hutan dan lahan serta kegiatan lainnya. Materi yang diberikan diharapkan mampu mendorong generasi muda dalam memilih gaya hidup dan perilaku di masa mendatang, sehingga dapat melanjutkan estafet pengendalian perubahan iklim dan karhutla.

Pada kegiatan kampanye ini, anak-anak sekolah juga dikenalkan pada Brigade Pengendalian Karhutla binaan KLHK yakni Manggala Agni. Manggala Agni memberikan gambaran yang lebih nyata tentang karhutla, dampak karhutla dan langkah – langkah pencegahan karhutla. Kegiatan kampanye juga dikemas dengan penayangan video perubahan iklim dan karhutla dan games interaktif. Pihak SMAN 1 Kabandungan menyambut baik perihal kegiatan ini dan berharap kegiatan ini juga dapat direplikasikan di sekolah lainnya di wilayah Kabandungan. Pihak Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak selaku pemangku wilayah juga menyambut baik perihal kegiatan ini dan sama dengan SMAN 1 Kabandungan diharapkan kegiatan ini juga dapat direplikasikan di sekolah lainnya di wilayah Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak. 


Tim Kehumasan Seksi Wilayah I 

Pamela Ayu Andrea JS

Mu’linatul Fitriani



Telepon: +62 (21) 5730144

Faksimili: + 62 (21) 5720194

Email: setditjenppi@gmail.com atau setditjenppi@menlhk.go.id 

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Manggala Wanabakti Blok VII, 12th floor

Jl. Gatot Subroto, Senayan

Jakarta - Indonesia 

InstagramTwitterFacebookYouTube

MEDIA SOSIAL DITJEN PPI