DIREKTORAT JENDERAL PENGENDALIAN PERUBAHAN IKLIM

MENTERI LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN MENEKANKAN SEMANGAT PEMBAHARUAN DAN KEMAJUAN YANG BERKELANJUTAN DALAM PERAYAAN KEMERDEKAAN RI KE 79 DI SEMBALUN

LOMBOK TIMUR (JBN)– Balai Pengendalian Perubahan Iklim wilayah Jawa Bali Nusa Tenggara mengikuti upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 yang dipimpin langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ibu Siti Nurbaya pada ketinggian 1.200 mdpl di Lapangan Umum Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, pada tanggal 17 Agustus 2024. Upacara ini diikuti pula oleh UPT Lingkup KLHK di Bali, NTB dan NTT, Dirjen GAKKUM, Kepala Badan Standarisasi dan Instrumen LHK, SAM Bidang Pangan, SAM Bidang Energi, KADIS LHK PROV. NTB, Kadis Pariwisata Lotim, Kadis Lingkungan Hidup Lotim, akademisi, siswa siswi sekolah yang ada di Kecamatan Sembalun dan juga masyarakat di Kecamatan Sembalun.

Acara dimulai dengan pengibaran bendera Merah Putih yang diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya. Regu paskibraka berasal dari siswa – siswi terpilih dari Kecamatan Sembalun. 

Dalam sambutannya, Menteri Siti Nurbaya menyampaikan bahwa peringatan hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia tahun 2024 mengusung tema "Nusantara Baru, Indonesia Maju" mencerminkan semangat untuk pembaharuan dan kemajuan yang berkelanjutan. Menteri Siti Nurbaya juga menekankan bahwa kemerdekaan yang kita raih tidak hanya sekedar kemerdekaan politik, tetapi juga kemerdekaan dalam arti yang lebih luas, yaitu kemerdekaan untuk hidup di lingkungan yang sehat dan lestari, dan untuk hidup sejahtera. 

Keberhasilan mewujudkan capaian kinerja pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan bisa dilakukan atas dukungan kerja sama yang baik, serta peran aktif dari pemerintah, pemerintah daerah, komunitas peduli lingkungan, tokoh masyarakat, akademisi, dunia usaha, insan pers, dan yang sangat penting generasi muda. “Saya sangat mengapresiasi upaya masyarakat Sembalun yang telah berperan aktif dalam menjaga lingkungan dan mempromosikan keberlanjutan.” ujar Siti Nurbaya.

Setelah upacara selesai, acara ini dilanjutkan dengan penampilan berbagai kesenian tradisional Lombok serta penyampaian penghargaan kepada individu dan kelompok yang berkontribusi signifikan dalam pelestarian lingkungan. Di akhir acara, masyarakat Sembalun menyampaikan rasa syukur dan bangga atas kunjungan Menteri Siti Nurbaya dan berkomitmen untuk terus menjaga dan merawat lingkungan sebagai wujud nyata dari cinta tanah air.

Perayaan hari kemerdekaan tahun ini di Sembalun bukan hanya menjadi momen refleksi sejarah, tetapi juga sebagai dorongan untuk terus maju dengan kesadaran akan pentingnya lingkungan hidup. Selama persiapan hingga pasca upacara bendera, Tim Manggala Agni dari Balai PPI wilayah Jawa Bali Nusa Tenggara juga aktif melakukan patroli di sekitar Kecamatan Sembalun untuk memastikan acara bisa berlangsung khidmat tanpa adanya asap.

-oOo-

Tim Humas Sekwil 3 : Arie Maya W, Falentinus Irvan Djoda

Editor: JDC, Pranata Humas, Setditjen PPI

Telepon: +62 (21) 5730144

Faksimili: + 62 (21) 5720194

Email: setditjenppi@gmail.com atau setditjenppi@menlhk.go.id 

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Manggala Wanabakti Blok VII, 12th floor

Jl. Gatot Subroto, Senayan

Jakarta - Indonesia 

InstagramTwitterFacebookYouTube

MEDIA SOSIAL DITJEN PPI