DIREKTORAT JENDERAL PENGENDALIAN PERUBAHAN IKLIM

MERIAHKAN HUT RI KE 79, MANGGALA AGNI DAOPS XI/SINTANG SEKSI WILAYAH II PONTIANAK BALAI PPI WILAYAH KALIMANTAN GELAR KAMPANYE PENCEGAHAN KARHUTLA

Sekadau, 18 Agustus 2024 Manggala Agni Kalimantan XI/Sintang, Seksi Wilayah II Pontianak Balai PPI Wilayah Kalimantan menggelar kegiatan kampanye aksi pencegahan kebakaran hutan dan lahan serta jalan sehat bersama masyarakat di Kabupaten Sekadau, Provinsi Kalimantan Barat.

“Saya mengucapkan terima kasih, atas kegiatan yang dilaksanakan pada pagi hari ini dalam memperingati HUT Kemerderkaan yang ke-79 sekaligus kampanye pencegahan karhutla yang dilaksanakan di Kabupaten Sekadau, dan tentu saya berharap kampanye ini terus kita lanjutkan kedepan, karena dengan kegiatan inilah kita jadikan edukasi kepada masyarakat-masyarakat kita, secara khusus masyarakat di Kabupaten Sekadau” jelas Bupati Sekadau, Aron, S.H, dalam sambutannya.

Kapolres Sekadau, AKBP I Nyoman Sudama, S.I.K., M.Si., menghimbau seluruh masyarakat agar tidak sembarangan membakar hutan lantaran dampaknya bisa meluas.

“Kami dari Polres Sekadau, bersama pemerintah daerah serta dinas terkait menghimbau kepada masyarakat agar tidak sembarangan membakar hutan dan lahan, karena sedikit saja apalagi di musim kemarau, kebakaran bisa meluas ke tempat lain, apalagi ada beberapa kasus kemarin membakar sampah sampai mengakibatkan rumah juga kebakaran, jadi mari kita sama-sama jaga lingkungan kita” imbuhnya.

Lebih lanjut, Sahat Irawan Manik, S.H., M.M. selaku Kepala Seksi Wilayah II Pontianak menuturkan  pentingnya mencegah kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Sekadau mengingat wilayah ini berada relatif dekat dengan perbatasan negara tetangga.

“Kembali mengingatkan kita semua tentang pentingnya mencegah kebakaran hutan dan lahan agar tidak terjadi kebakaran hutan yang meluas, terutama wilayah Kabupaten Sekadau menjadi salah satu daerah penyangga Indonesia, khususnya Wilayah Kalimantan Barat, karena jaraknya lumayan dekat dengan perbatasan negara tetangga, jadi kita harapkan melalui kegiatan kampanye ini mari kita mengajak masyarakat sama-sama mencegah kebakaran hutan dan lahan, kita jaga alam kita, jaga hutan kita, lingkungan kita, agar langit tetap biru dan bebas dari kabut asap” tutupnya.

Selain itu, sebagai tindakan aksi dalam mendukung kegiatan ini, dilakukan Penandatanganan Kesepakatan bersama Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan yang diikuti seluruh tamu undangan dan peserta jalan sehat.

Pelepasan Jalan Sehat dalam Kampanye Cegah Karhutla yang berlangsung di Halaman Kantor UPT KPH Wilayah Sekadau, Desa Mungguk, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Provinsi Kalimantan Barat ini dihadiri oleh Bupati Sekadau, Aron, S.H., Kepala Seksi Wilayah II Pontianak Balai PPI Wilayah Kalimantan Sahat Irawan Manik, SH., M.M., Kadaops Manggala Agni Kalimantan XI/Sintang Kadarwanto, S.Hut., Kapolres Sekadau, Kepala Kejari Kab. Sekadau, Asisten II Setda Kab. Sekadau, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Sekadau, Kepala UPT KPH Kab. Sekadau, Kepala BPBD Kab. Sekadau, Kepala Balai BPDASHL Kapuas, Perwakilan Bank Kalbar Kabupaten Sekadau serta tokoh masyarakat dan Mitra Strategis Dalkarhutla di Kabupaten Sekadau.

(Tim Kehumasan Balai PPI Wilayah Kalimantan)


Telepon: +62 (21) 5730144

Faksimili: + 62 (21) 5720194

Email: setditjenppi@gmail.com atau setditjenppi@menlhk.go.id 

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Manggala Wanabakti Blok VII, 12th floor

Jl. Gatot Subroto, Senayan

Jakarta - Indonesia 

InstagramTwitterFacebookYouTube

MEDIA SOSIAL DITJEN PPI